PT TSM Bakal Kelola Air Bersih PT ATS

 PT TSM Bakal Kelola Air Bersih PT ATS

Penulis : Larassati

Editor   : Mamnuro’aini

PALEMBANG, SIBERSUMSEL.com,- Perusahaan pengelolaan air minum regional PT Adhya Tirta Sriwijaya (ATS) operasionalnya akan diganti oleh PT Tirta Sriwijaya Maju, yang berstatus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Pasalnya ATS habis kontrak dengan Pemerintah Sumsel.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan  Pemukiman Sumsel, Basyaruddin di ruang kerjanya, belum lama ini.

“Kontraknya akan berakhir Desember, nanti,” kata Basyaruddin.

Menurut BasyaruddinpPemerintah tinggal melakukan akuisisi dan serah terima kepada PT Tirta Sriwijaya Maju, BUMD bentukan provinsi Sumsel. Mereka inilah yang akan melanjutkan pengelolaan hingga pengembangan objek vital tersebut.

Diketahui PT ATS sudah beroperasional sejak tahun 2000, lalu. Hingga kini melayani 22 ribu pelanggan yang mencakup kawasan alang-alang lebar dan kecamatan Sukarami.

Kontrak saat itu dilakukan secara BOT, otomatis semua aset yang sudah dibangun perusahaan tersebut sepenuhnya menjadi milik Pemerintah Provinsi Sumsel.

“Jadi running saja dengan aset dantenaga kerja yang ada. Tinggal nanti menambah tenaga ahli saja sehingga bisa cepat melakukan pengembangan, ” ungkapnya. 

Basyaruddin menegaskan pemerintah harus  runnning cepat, karena Pemprov tidak ingin proses akuisisi akan berpengaruh pada pelayanan kepada pelanggan.

“Jangan sampai akuisisi akan berpengaruh pada layanan pelanggan apalagi air menjadi kebutuhan pokok. Jadi gerakannya harus cepat. Dan melakukan kerjasama yang lebih intens lagi dengan PDAM melalui sistem penyediaan air curah,” jelas Basyaruddin.

Kita berharap BUMD yang baru bisa memperluas areal jangkauan hingga ke wilayah Talang Jambe hingga Kenten Laut, perbatasan antara Palembang-Banyuasin, dengan melakukan perpanjangan pipa distribusi.

 “Kita ingin agar pengembangannya bisa lebih baik lagi dibandingkan perusahaan sebelumnya. Makanya tenaga ahlinya akan kita perbanyak,” tukansya.

Share this:

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Related post