SMK Negeri 2 Palembang Utamakan Siswa Sehat

 SMK Negeri 2 Palembang Utamakan Siswa Sehat

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2, Rafli. Foto Larassati

Penulis : Larassati

Editor   : Mamnuro’aini

PALEMBANG, SIBERSUMSEL.com,- Hingga kini terus melakukan evaluasi agar siswa tetap belajar maksimal karena pola pembelajaran daring mau tidak mau wajib diterapkan. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2, Rafli berprinsip, lebih mengutamakan siswa itu sehat dulu dibandingkan mengejar kepintaran.

“Kalau Maunya kita siswa itu sehat dan pintar. Tapi karena pandemi kita tidak mungkin ambil keduanya. Yang terpenting siswa harus sehat dulu sekarang,” kata Rafly di ruang kerjanya, selasa (13/7/2021)

Untuk pembelajaran di SMKN 2 saat ini, 100 persen dilakukan melalui sistem daring, baik menyangkut teori maupun praktek. Khusus sistem magang kerja hingga saat ini masih berjalan, tergantung perusahaan tempat magang. Sebagian memang ada yang mengembalikan siswa, ada juga perusahaan yang hingga kini masih beroperasi dan menerima kerja praktek para siswa.

Memang harus dilakukan skala prioritas, justru yang terpenting saat ini adalah siswa tetap belajar sambil menunggu situasi aman terlebih dahulu. “Kita berharap situasi pandemi ini segera berlalu sehingga proses pembelajaran bisa dilakukan seperti sedia kala, ” ujarnya.

Meski banyak kekurangan pada sistem daring justru saat ini, formulasi pembelajaran inilah yang paling ampuh.

“Tinggal nanti saat tatap muka kita tinggal melakukan pembenahan pembelajaran. Mana yang perlu dikejar dan Mana yang harus ditingkatkan, untuk membuat siswa kembali pintar dan berkualitas,” ungkapnya.

Rafly menginstruksikan agar para guru lebih banyak mengunggah peran aktif siswa saat proses belajar, dengan memperbanyak interaksi seperti tanya jawab dan diskusi sehingga memunculkan peran aktif siswa. Guru juga terkesan hanya menoton selalu bicara depan siswa.

“Guru saat daring jangan hanya menoton berbicara saja tapi kita perbanyak diskusi dan interaktif lainnya,” harapnya.

Share this:

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Related post