Prof Dr Ir Rusdianasari MSi, Guru Besar Pertama Polsri

 Prof Dr Ir Rusdianasari MSi, Guru Besar Pertama Polsri

Prof Dr Ir Rusdianasari MSi, Guru Besar Pertama Polsri. Foto : Larassati, sibersumsel.com

Reporter : Larassati

PALEMBANG, SIBERSUMSEL.com,- Prof.Dr.Ir. Rusdianasari,M.Si menjadi guru besar pertama yang ada di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) dengan penuh perjuangan membuat semua pihak bangga.

Staff Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Rosidin Hasan, mengatakan hadirnya Guru Besar di Polsri yang pertama kali akan semakin mewarnai polsri kedepan. Diharapkan akan lebih mampu berkontribusi terhadap pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan dan sebagai penguatan bagi polsri dan dengan adanya guru besar akan memiliki SDM kedepan calon mahasiswa  yang handal.

Menurut Rosidin saat ini desainer-desainer pendidikan di polsri sudah semakin luar biasa apalagi ditambah dengan kehadiran guru besar.

“Ini pecah telur pertama, kami yakin mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama akan segera muncul lagi guru-guru besar di polsri yang semakin memberikan penguatan bagi polsri sendiri,” katanya.

Rosidin juga mengatakan disisi lain dengan adanya guru besar di polsri akan memiliki bargaining position. Artinya SDM kedepan atau calon mahasiswa kedepan akan menjadikan polsri sebagai pilihan untuk mereka kuliah menimba ilmu.

“Untuk sampai pada tahap pengukuhan guru besar, hampir dua tahun dia mempersiapkan dan setengah tahun menunggu. Apalagi ini pertama di Polsri saya juga bangga dan semoga langkah saya ini bisa diikuti oleh rekan-rekan saya lainnya,” ujarnya.

Terkait dengan penelitian, Rosidin mengaku sudah lama yakni sejak tahun 2012, sembari ia menyelesaikan S3nya. Dalam orasi ilmiah yang berjudul Elektrokimia : Tren Pengelolahan Limbah Cair Menggunakan Metode Elektrokoagulasi menjadi energi terbarukan.

Sementara itu Direktur Polsri Dr. Ing Ahmad Taqwa, mengatakan sangat bangga atas pengukuhan guru besar yang pertama di Politeknik Negeri Sriwijaya. Tentu, dengan adanya guru besar ini dapat memberikan semangat bagi para dosen lainnya untuk juga meraih gelar yang sama.

“Alhamdulillah kami bersyukur polsri pecah telur karena tidak mudah untuk menyiapkan itu semua jadi insyaAllah dalam waktu dekat ada beberapa profesor profesor lagi yang ditularkan disini,” ungkapnya.

Taqwa menambahkan untuk menjadi bagian di dalam membangun provinsi Sumsel melalui melalui pendidikan profesi Polsri yang tugasnya adalah menyiapkan sumber daya dunia terapan yang langsung siap masuk ke dunia industri.

“Ini keahlian yang baru kita keluarkan yaitu seorang guru besar dalam bidang teknik energi dan lingkungan adalah bagian yang menjadi tantangan pada saat ini bahwa “Kita menuju suatu era revolusi industri for point zero akan masuk lagi menuju teknologi lanjutan ini tidak luput dari bagaimana sebuah energi yang ada di dalamnya, bagaimana kita menjaga lingkungan itu pesan dan amanat kita kepada ibu Profesor dalam mengawal masyarakat, megawal anak didik tentu memerhatikan bahwa poin terbesar dalam kita membangun bangsa ini adalah salah satunya energi,” ujar Taqwa.

Persiapan saat ini menuju persiapan bagaimana energi terbaru bisa dihasilkan lagi itu bagian yang penting dan perlu masyarakat ketahui.

“Kami berbangga di polsri sejak UU nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi bahwa politeknik mendapat amanah untuk menjalankan pendidikan magister dan doktor terapan untuk itu pr kita terbuka juga insyaallah segera terbuka, kita juga di bidang terapan dapat dengan keberadaan profesor kita dapat segera memenuhi persyaratannya untuk buka pendidikan doktor terapan,” jelasnya.

Share this:

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Related post