SMAN Plus 17 Palembang Luncurkan Program Unggulan SKS

 SMAN Plus 17 Palembang Luncurkan Program Unggulan SKS

Peluncuran Program Sekolah SMA Negeri Plus 17 Palembang pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25. Foto : Larassati (sibersumsel.com)

Penulis : Larassati

Editor : Nuraini

PALEMBANG, SIBERSUMSEL.com,- SMA Negeri Plus 17 Palembang Luncurkan Program-program sekolah pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 bertempat di Aula SMAN Plus 17, Selasa (19/7/2022).

Kepala SMAN Plus 17  Palembang, Dra Purwiastuti Kusumastiwi MM, mengatakan di HUT Ke-25 tahun usia SMA 17 ini dilaksanakan launching program-programnya sekolah yang diantaranya sistem kredit semester (SKS) yang memungkinkan siswa bisa selesai  pendidikannya di SMAN Plus 17 selama dua tahun, program guru penggerak, program kewirausahaan dan sebagainya.

“Jadi tidak semua siswa bisa mengikuti program SKS, saat ini ada 26 anak yang mengikuti program SKS yang bisa selesai 2 tahun, sudah jalan selama 3 semester sama seperti anak kuliah yang mengikuti program SKS bisa mengambil mata pelajaran yang diatasnya jadi misalnya dia kelas 10 bisa mengambil mata pelajaran yang ada di kelas 11 dan di kelas 12 Jadi kurang 144 SKS yang ada yang harus mereka selesaikan,” jelasnya.

Purwiastuti menyebutkan kriteria anak yang bisa mengikuti program SKS dilihat dari berbagai sisi mulai dari akademik, melalui tes dan berbagai tahapn lainnya, jadi anak yang berbakat istimewa yang bisa masuk ke program SKS Ini.

“Selain itu ada program sekolah penggerak merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Kemendikbud, supaya sekolah-sekolah itu bisa nantinya berubah baik dalam kurikulumnya maupun mindset cara mengajar siswa sehingga siswa itu selain pendidikannya akademiknya baik juga terbentuk karakter yang bagus,” ungkapnya.

Purwiastuti menerangkan sehingga terbentuklah profil Pancasila yang ada enam ciri untuk menuju ke sekolah penggerak dimana pertama keimanan dan takwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bernalar kritis, berkebhinekaan global kemudian gotong royong dan kreatif.

“Selain itu terdapat program kewirausahaan yang merupakan salah satu tema yang dicanangkan oleh pemerintah, kami punya eko enzim sisa organik dari dapur dimanfaatkan untuk eko enzim yang nantinya bisa digunakan untuk pupuk dan lainnya, pembuatan makanan khas Palembang, membuat tanaman hidroponik, bibit ikan dan sebagainya,” urainya.

Ia menambahkan, SMAN Plus 17 jugs terdapat program literasi dengan mencanangkan program pada setiap bulan atau dua minggu sekali dimana ada grobak baca di tempat yang ada taman sehingga program literasi akan jalan.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Drs H Riza Fahlevi MM berharap SMAN Plus  17 Palembang kedepan menjadi lebih baik lagi. Apalagi SMAN Plus 17 Palembang selama ini sudah dikenal sekolah ini sudah unggul dalam bidang prestasi dan sebagainya dibandingkan dengan sekolah lainnya.

Riza mengatakan, SMAN Plus 17 Palembang ini  unggul bukan karena statement atau cap dari Dinas Pendidikan. Tapi masyarakat sendiri yang merasakannya melalui prestasi yang diraih oleh anak-anak yang lulus dari sekolah ini. 

Riza mengungkapkan, Kepala sekolah SMAN 17 ini  sudah lulus menjadi kepala sekolah penggerak. Jadi sekolah ini pada tahun ini juga menjadi sekolah penggerak atau  sudah menjalani kurikulum baru. Yaitu kurikulum merdeka belajar dimana pada kurikulum ini siswa dapat memilih mata pelajaran yang siswa senangi.

“Saya minta agar semua yang dikerjakan oleh sekolah adalah kerja bersama, ikhlas dan kekompakan perlu ada dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan,” tukasnya.

Share this:

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Related post