UNSRI Peringkat 14 Kampus Terbaik Di Indonesia Versi Webometrics 2022

 UNSRI Peringkat 14 Kampus Terbaik Di Indonesia Versi Webometrics 2022

Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff., MSCE, IPU. Foto : Larassati (sibersumsel.com)

Penulis : Larassati

Editor   : Nuraini

PALEMBANG, SIBERSUMSEL.com,- Tahun 2022 Universitas Sriwijaya (Unsri) menempati urutan ke 14 kampus terbaik di Indonesia dan peringkat 2.093 di dunia versi Webometrics yang telah menilai dari berbagai aspek dan indikator yakni impact atau visibility, openness atau transparency dan excellence.

Webometrics adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di Indonesia dan dunia melalui website universitas tersebut.

Diketahui ada sebanyak 2.585 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan di Webometrics.

Dalam hal ini Melansir dari laman Webometrics, Jumat (04/02), Pemeringkatan Webometrics 2022 menggunakan indikator: impact atau visibility  yang merupakan kualitas konten dievaluasi melalui “virtual referendum” dengan menghitung semua external links yang diterima oleh webdomain Universitas dari pihak ketiga.

Link tersebut mengakui prestise institusional, kinerja akademik, nilai informasi, dan kegunaan dari layanan seperti yang diperkenalkan dalam halaman web sesuai dengan kriteria jutaan web editor dari seluruh dunia.

Openness atau transparency merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

Excellence yang merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking.

Sementara itu disisi lain Unsri juga terakreditasi “A Unggul” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) beberapa waktu lalu

Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff., MSCE, IPU menuturkan atas seluruh kerja keras semua pihak yang turut membantu sehingga Unsri terakreditasi A Unggul.

“Sebagai tolak ukur perolehan A Unggul bukan hanya satu sisi tapi berbagai faktor mulai dari Pimpinan, team APT, civitas akademika, mahasiswa dan proses belajar mengajar serta prestasi mahasiswa,” ungkap Anis.

Tidak cukup sampai disitu pihaknya membeberkan bahwa pada Akreditasi Unggul yang didapat oleh Unsri tentunya menginginkan suatu hal yang lebih maka dari itu tahun depan diharapkan laboratorium dapat dioperasikan setiap saat.

“Nah kita berharap kedepannya A unggul ini memang utuh jadi masih banyak yang masih harus dilakukan, sebagai langkah awal saya ingin laboratorium kita memang benar-benar laboratorium, bukan seperti saat ini Kantor buka laboratorium tutup, untuk itu, mulai tahun 2022 saya ingin laboratorium itu selalu terbuka melayani mahasiswa dan dosen ingin melakukan penelitian baik itu riset biasa maupun yang pendidikan,” tukasnya.

Share this:

Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Berita Ini, Harap berkomentar dengan sopan dan bijak.

Related post